Berita Bantul: Bantul Berupaya Mewujudkan Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak
Puncak Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2022 tingkat kabupaten Bantul, DIY (Foto Pemkab Bantul)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, terus berupaya melakukan sejumlah langkah untuk mewujudkan perlindungan dan pemenuhan hak anak sebagai komitmennya menjadikan Bantul sebagai Kabupaten Layak Anak.

"Kabupaten Layak Anak bukan hanya janji belaka, selama ini Pemkab Bantul terus mengupayakan sejumlah langkah agar perlindungan dan pemenuhan hak anak dapat terwujud," kata Bupati Bantul Abdul Halim Muslih di Bantul, Minggu.

Salah satu capaian yang menggembirakan atas upaya Pemkab adalah perolehan predikat Nindya untuk Kabupaten Bantul yang diberikan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak tahun 2022 seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak

Pihaknya berharap, penghargaan tersebut tidak lantas membuat Bantul berpuas diri, karena masih banyak hal yang perlu dibenahi agar Bantul benar-benar menjadi Kabupaten Layak Anak.

"Itulah mengapa Puncak Hari Anak Nasional tahun ini juga dijadikan momentum bagi Kabupaten Bantul untuk evaluasi dan motivasi terkait perlindungan dan pemenuhan hak anak," katanya.

Bupati Bantul juga memberikan perhatian besar agar Kabupaten Bantul bisa menjadi rumah bersama yang aman dan nyaman bagi seluruh anak di Bantul, untuk mewujudkan hal tersebut juga membutuhkan dukungan dari berbagai pihak.

"Jika merujuk pada klaster hak anak, kesehatan dan kesejahteraan anak jadi salah satu klaster yang harus terpenuhi. Bantul juga terus berkomitmen agar seluruh anak dapat mengakses pendidikan dengan mudah dan rata," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB Bantul Ninik Istitarini mengatakan peringatan puncak Hari Anak Nasional 2022 tingkat kabupaten yang digelar pada Sabtu (6/8) adalah salah satu langkah untuk mewujudkan generasi emas Indonesia 2045.

Dengan demikian, kata dia, pada saat peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia ke-100 nanti (Tahun 2045) akan terwujud penerus bangsa yang unggul, cerdas, sehat, dan berkarakter.

Saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!