Menanti Kejutan Rabu Pon oleh Jokowi
Presiden Joko Widodo atau Jokowi. (Twitter @jokowi)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Masyarakat tengah menanti kejutan Rabu Pon oleh Jokowi. Kejutan tersebut lekat dengan perombakan kabinet atau reshuffle.

Patut diketahui, Rabu Pon adalah salah satu penanggalan Jawa yang dikaitkan dengan perombakan kabinet atau reshuffle. Di beberapa kesempatan, Presiden melakukan perombakan kabinet atau mengumumkan keputusan penting di hari Rabu Pon.

Kejutan Rabu Pon Oleh Jokowi

Seperti diketahui, dalam kebudayaan Jawa, masyarakat kerap mempertimbangkan hari baik yang didasarkan pada penanggalan Jawa. Hari Rabu Pon sendiri memiliki jumlah neptu 14. Neptu Rabu adalah 7, sedangkan neptu Pon adalah 7.

Dikutip dari berbagai sumber, Rabu Pon disebut lakuning rembulan yang bisa diartikan sebagai perjalanan bulan. Rabu Pon juga disebut dengan panyorote dino yang bisa diartikan sebagai hari yang dipenuhi dengan sorot cahaya.

Dari dua pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa bagi masyarakat Jawa, Rabu Pon identik dengan cahaya terang yang bersinar sepanjang hari. Hari Rabu Pon yang identik dengan sinar diharapkan menjadi momen yang baik untuk menempuh perjalanan.

Kaitan antara keputusan politik Jokowi selama menjabat sebagai Presiden dengan hari Rabu Pon bukan isapan jempol belaka. Hal itu terlihat dari rekam jejak Presiden Jokowi dalam mengumumkan pengumuman penting. Beberapa contoh rekam jejaknya sebagai berikut.

  • 12 Agustus 2015

Pada tanggal 12 Agustus 2015, Presiden Jokowi mengumumkan reshuffle kabinet yang dalam penanggalan Jawa jatuh pada hari Rabu Pon. Kala itu Presiden melantik enam menteri baru. Pejabat yang dilantik yakni Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik dan Hukum (Menko Polhukam), Rizal Ramli sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, dan Darmin Nasution sebagai Menteri Koordinator Perekonomian.

  • 27 Juli 2016

Presiden melakukan pelantikan menteri hasil perombakan pada Rabu Pon, 27 Juli 2016. Kala itu Presiden melakukan perombakan cukup banyak di beberapa posisi yakni sebanyak 13 posisi menteri. Salah satu keputusan yang cukup menarik adalah dipanggilnya Sri Mulyani yang kala itu duduk sebagai Direktur Bank Dunia untuk menduduki jabatan Menteri Keuangan. Jabatan Menkeu bahkan dipercayakan kepada Sri Mulyani sampai saat ini.

Selain Rabu Pon, Presiden juha diketahui mengumumkan keputusan penting lahi di hari Rabu yang bertepatan dengan penanggalan Jawa selain Pon. Sebagai contoh, Presiden melakukan reshuffle ketiga pada Rabu Pahing, 17 Januari 2018. Kala itu Jokowi menunjuk Idrus Marham sebagai Menteri Sosial menggantikan Khofifah Indar Parawangsa yang mundur dari kursi mensos karena maju Pilkada Jawa Timur.

Langkah Presiden Jokowi yang mengumumkan keputusan pentingnya pada Rabu Pon kemudian dikaitkan dengan tanggal lahir Jokowi. Seperti diketahui, Presiden Jokowi lahir pada tanggal 21 Juni 1961. Menurut Penelusuran tim VOI, tanggal tersebut bertepatan dengan Rabu Pon.

Selain terkait kejutan rabu pon oleh Jokowi, dapatkan informasi menarik lain di VOI.ID.