Kominfo Mengeluarkan ISR Sementara Untuk Dukung Pramusim MotoGP 2022
Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika mengeluarkan Izin Stasiun Radio (ISR) sementara dan rekomendasi penggunaan perangkat telekomunikasi untuk mendukung kelancaran tes pramusim MotoGP 2022 pada 11 hingga 13 Februari di Mandalika International Street Circuit.

Hal tersebut dikatakan oleh Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Kominfo Ismail di kawasan Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jumat.

Menurut Ismail, Kominfo telah mengeluarkan persetujuan dan izin penggunaan pita frekuensi 26 GHz untuk showcase 5G yang rencananya akan dihadirkan oleh operator seluler.

“Salah satunya untuk Telkomsel. Tujuannya agar masyarakat merasakan langsung beragam use case 5G yang nantinya disediakan oleh operator seluler, antara lain berupa use case VR Driving dan Robot 5G di area Sirkuit Mandalika,” kata Ismail dikutip dari siaran pers.

Kominfo Mengeluarkan ISR Sementara

Selain showcase 5G pada pita frekuensi 26 GHz, Ismail mengatakan operator seluler juga berencana menampilkan 5G experience di Sirkuit Mandalika.

“Rencananya sementara ini akan menggunakan pita frekuensi 2,1 GHz dan 3,5 GHz. Khusus penggunaan pita frekuensi 3,5 GHz telah dilakukan pembahasan antara operator seluler dengan para operator satelit guna memitigasi potensi gangguan yang mungkin timbul,” ujarnya seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Menurut Ismail, penyediaan layanan telekomunikasi di sirkuit Mandalika dapat menjadi contoh penerapan Open Access atau pembukaan akses pemanfaatan infrastruktur telekomunikasi.

Hal tersebut seperti yang telah diamanatkan Undang-Undang Cipta Kerja (UU Nomor 11 Tahun 2020) dan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2021 tentang Pos, Telekomunikasi dan Penyiaran (PP Postelsiar).

Ismail mengatakan pembukaan akses pemanfaatan infrastruktur telekomunikasi berdasarkan kesepakatan melalui kerja sama para pihak memberikan nilai efisiensi dan optimalisasi dalam penyediaan layanan telekomunikasi.

“Terlebih secara jangka panjang, sirkuit Mandalika akan menjadi lokasi pelaksanaan sport event skala internasional yang mendapatkan perhatian cukup tinggi dari dunia internasional,” tuturnya.