Kominfo Mengpresiasi Kerja Sama Operator Seluler di MotoGP Mandalika
Menkominfo Johnny G. Plate dan Dirjen SDPPI Kementerian Kominfo, Ismail dalam Doorstop Interview di Media Center Indonesia MotoGP 2022, Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Minggu(ANTARA)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G.Plate memberikan apresiasi atas kolaborasi antara operator seluler dalam memberikan layanan komunikasi yang maksimal untuk menyukseskan gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP Mandalika 2022.

Ia menyebutkan kolaborasi itu berhasil menunjukkan bahwa infrastruktur digital di Indonesia sudah lebih siap untuk pagelaran acara bertaraf tinggi.

Kominfo Mengpresiasi Kerja Sama Operator Seluler

“Saya baru saja mengunjungi NOC (National Operation Center) Telkom Group untuk memeriksa kesiapan dukungan infrastruktur telekomunikasi. Saya menyaksikan bagaimana kolaborasi baik dari mereka untuk mendukung MotoGP. Backbone atau jaringan tulang punggung telekomunikasi jauh lebih siap dibanding dengan event sebelumnya,” kata Johnny memberikan keterangannya, Minggu.

Adapun pihak- pihak operator seluler yang berkolaborasi menyukseskan perhelatan MotoGP Mandalika adalah Telkom grup, XL Axiata,dan Indosat.

Menkominfo menyatakan cakupan jaringan telekomunkasi 4G dan 5G di sekitar Sirkuit MotoGP Pertamina Mandalika memiliki kecepatan upload sampai dengan 100 Mbps dan download antara 25 sampai 35 Mbps untuk jaringan 4G.

“(Jaringan) 5G juga sangat cepat, upload sampai dengan 788 Mbps dan download 127 Mbps. Ini hasil dari speed test setiap hari yang dilakukan,” katanya seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Guna mendukung kebutuhan akses jaringan telekomunikasi, Kementerian Kominfo juga menyediakan spektrum frekuensi radio khusus sebagai tambahan.

Adapun frekuensi radio yang disediakan terdiri dari dua frekuensi pertama di frekuensi 3,5 GHz dan kedua adalah 26 GHz untuk jaringan komunikasi 5G.

Tidak berhenti disitu, untuk memastikan cakupan jaringan komunikasi yang lebih optimal operator telekomunikasi juga meminjamkan spektrum frekuensi radio 2,3 GHz khusus untuk mendukung layanan 5G di area Mandalika.

“Sisi kesiapan infrastruktur TIK saya melihat kontribusi dan kerjasama yang kuat dari operator seluler maupun operator jaringan hasilnya cukup baik dari speed test tersebut,” kata Johnny.

Johnny berharap kolaborasi yang hadir di ajang MotoGP Mandalika dapat terus dilanjutkan oleh para pemain industri telekomunikasi Indonesia khususnya untuk mendukung transformasi digital nasional.

Tak terkecuali dalam acara- acara bertaraf nasional dan internasional lainnya termasuk juga di kawasan- kawasan pariwisata.