Berita Sleman: Pemkab Meluncurkan Aplikasi Media Pembelajaran Sembada Cerdas
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo meluncurkan aplikasi media pembelajaran Sembada Cerdas di Ruang Ki Hajar Dewantara Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sleman, Kamis (10/3). Foto ANTARA

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, meluncurkan inovasi berupa aplikasi media pembelajaran interaktif Sembada Cerdas sebagai upaya memberikan media pembelajaran yang efektif bagi siswa didik di masa pandemi COVID-19.

Peluncuran Sembada Cerdas dilakukan secara langsung oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo di Ruang Ki Hajar Dewantara Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sleman, Kamis.

Kepala Disdik Kabupaten Sleman Ery Widarya mengatakan bahwa inovasi Sembada Cerdas ini merupakan media pembelajaran yang dikembangkan oleh Disdik Sleman untuk menunjang keberhasilan pembelajaran yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masa pandemi COVID-19 yang mengharuskan untuk meminimalkan pertemuan tatap muka.

Pemkab Meluncurkan Aplikasi Media Pembelajaran

"Tujuan media pembelajaran interaktif Sembada Cerdas ini untuk menunjang dan memudahkan peserta didik mengikuti pembelajaran dalam jaringan dengan media pembelajaran interaktif yang tepat," katanya seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Menurut dia, media ini juga untuk membantu orang tua peserta didik, saat mendampingi peserta didik melaksanakan pembelajaran dalam jaringan.

"Selain itu menjadi media pembelajaran yang bisa digunakan pendidik dalam pembelajaran dalam jaringan atau belajar dari rumah (BDR)," katanya.

Ery mengatakan, dalam media pembelajaran yang berbentuk aplikasi ini akan berisi materi untuk siswa jenjang sekolah dasar (SD) kelas I sampai dengan kelas VI.

"Seluruh materi yang disajikan dalam aplikasi Sembada Cerdas ini telah disusun dan ditentukan oleh tim yang dibentuk Disdik Sleman yang disesuaikan dengan materi semester genap tahun ajaran 2021/2022," katanya.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menilai inovasi tersebut menjadi salah satu upaya pemerintah dalam mengatasi permasalahan pembelajaran terbatas bagi para siswa di masa pandemi.

"Pembelajaran terbatas tidak boleh mematahkan semangat siswa dalam belajar," katanya.

Ia mengatakan, keberadaan inovasi media pembelajaran Sembada Cerdas ini diharapkan dapat memerikan motivasi dan meningkatkan partisipasi aktif guru dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran selama masa pandemi.

Kustini mengatakan, untuk memastikan anak-anak Sleman mendapatkan pendidikan yang berkarakter, Pemerintah Kabupaten Sleman akan terus melakukan berbagai upaya dalam memberikan pendidikan yang berkualitas bagi para siswa dengan bantuan para guru, sekolah dan pengawas sekolah.

"Sehingga akan tercipta pembelajaran yang nyaman, aman dan menyenangkan bagi para peserta didik di Kabupaten Sleman," katanya.

Saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!