Berita Bantul: Pemkab Bantul Dorong Generasi Muda Tingkatkan Kemandirian Berwirausaha
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih (ANTARA

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mendorong generasi muda, jenjang pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di wilayahnya, selalu meningkatkan kemandirian berwirausaha agar ketika lulus nanti siap bersaing dengan dunia usaha lainnya.

"Anak-anak kita hari ini harus kita tingkatkan kemandiriannya, harus lebih terampil dibanding kita, harus lebih mandiri di dalam mengambil keputusan," kata Bupati Bantul Abdul Halim Muslih di Bantul, Rabu seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Menurut dia, sebagian anak-anak dari pelajar SMK, merupakan generasi muda yang dapat berprestasi di bidang bisnis dan ekonomi, dan keberhasilan lulusan SMK dalam berwirausaha sudah banyak dijumpai di Tanah Air.

Pemkab Bantul Dorong Generasi Muda

"Apalagi SMK sebagai sekolah vokasi sejak awal dirancang akan meluluskan anak-anak yang relatif siap bekerja dibanding lulusan sekolah yang lain, karena bagaimana SMK bisa kita dorong disamping terjun ke industri sebagai pekerja, sebagai karyawan juga kita dorong mereka bisa berwirausaha secara mandiri," katanya.

Bupati mengatakan ada berbagai sektor dalam wirausaha yang dapat digeluti generasi muda lulusan SMK dan dengan berbekal keterampilan serta keahlian yang diperoleh selama pendidikan dapat diaplikasikan dalam menjalankan bisnis usaha mereka.

"Kalau di dunia pertanian ada namanya Taruna Tani, di bidang industri kita harapkan ada Taruna Industri, dan lain sebagainya. Artinya mereka sudah mengembangkan kewirausahaan secara mandiri," katanya.

Bupati Bantul juga mendorong generasi muda Bantul agar mampu menempa dirinya menjadi wirausaha muda.

"Kita menyaksikan banyak sekali wirausaha wirausaha muda Bantul yang memiliki kreativitas demikian tinggi, termasuk diantaranya anak anak kita yang masih berstatus pelajar, sudah mulai merintis wirausaha," katanya.

Saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!