Berita Sleman: Pemkab Sleman Mendukung HKB 2022 Tingkatkan Kapasitas Masyarakat
Tangkapan layar Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo dalam konferensi pers HKB 2022 diikuti secara daring di Jakarta

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mendukung peringatan puncak Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) 2022 di wilayahnya untuk peningkatan kapasitas masyarakat.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo dalam konferensi pers HKB 2022 diikuti secara daring di Jakarta, Senin, mengatakan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dalam menghadapi bencana, pihaknya mengalokasikan Rp525 juta untuk program sosialisasi dan edukasi masyarakat mengenai rawan bencana di Kabupaten Sleman.

Selain itu mulai dari sektor pendidikan, pihaknya mempersiapkan 80 sekolah menjadi satuan pendidikan aman bencana (SPAB).

Pemkab Sleman Mendukung HKB 2022

"Jadi kami semua di sekitar Lereng Merapi dan masyarakat sudah mengadakan latihan persiapan apabila nanti ada bencana," kata Kustini seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Kustini mengharapkan dengan program tersebut, masyarakat dapat mewaspadai kejadian alam yang seringkali menimbulkan bencana di wilayahnya seperti erupsi Gunung Merapi, puting beliung dan sebagainya.

Selain itu, 62 dari 86 kelurahan di Kabupaten Sleman juga mengikuti komunitas penanggulangan bencana, dan relawan bencana berkisar 2.362 orang di wilayah tersebut.

Kustini juga mengharapkan masyarakat, relawan, dan anak-anak dapat siap dan siaga menghadapi bencana.

Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2022 mengangkat tema "Keluarga Tangguh Bencana Pilar Bangsa Menghadapi Bencana".

Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2022 diperingati pada 26 April, sebagai peringatan disahkannya Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana. Kegiatan akan berlangsung di pelataran Gunung Merapi, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Desa Balerante, Klaten, Jawa Tengah.

Saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!