Berita Gunung Kidul: Pemkab Gunung Kidul Memasang Jaringan Internet di Pantai Wediombo
Bupati Gunung Kidul Sunaryanta melakukan kunjungan kerja ke Pantai Wediombo memastikan jaringan wifi berfungsi. (ANTARA)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memasang jaringan internet di Pantai Wediombo dalam rangka mendukung pengembangan sektor pariwisata serta usaha mikro, kecil, dan menengah dalam memasarkan produk mereka.

Bupati Gunung Kidul Sunaryanta di Gunung Kidul, Selasa, mengatakan pembangunan infrastruktur khususnya di jaringan internet penting karena untuk menjadi kota pintar perlu adanya konektivitas dalam informasi dan komunikasi, salah satunya adalah pembangunan wifi.

"Pemasangan wifi ini harapannya bisa dimanfaatkan pengunjung dan masyarakat sekitar semaksimal mungkin," kata dia seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Ia juga menjelaskan pemasangan akses ini juga untuk mengurangi kawasan blank spot di Gunung Kidul, terutama di kawasan wisata. Pemkab Gunung Kidul merencanakan menambah lagi titik pemasangan akses internet ini.

Memasang Jaringan Internet di Pantai Wediombo

Ia berharap, hadirnya wifi bisa meningkat lagi dari 2,7 persen dengan kerja sama antara pemerintah dengan perusahaan swasta.

Selain itu, ia berharap kerja sama ini bisa meningkatkan lagi pembangunan di Gunung Kidul, terutama di bagian informasi dan komunikasi.

"Rencananya akan kami pasang lagi akses internet terutama di kawasan blank spot, semua ini masalah anggaran," katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Gunung Kidul Muhammad Arif Aldian mengatakan Dispar berupaya meningkatkan layanan kepada pengunjung, salah satunya meningkatkan akses infrastruktur, termasuk internet.

"Untuk internet pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Gunung Kidul," katanya.

Dispar juga meningkatkan sumber daya manusia (SDM) pariwisata salah satunya melakukan pelatihan terhadap 40 orang pengelola desa wisata.

"Pengelola desa wisata semakin memahami tentang cara pengelolaan desa wisata menjadi kawasan destinasi wisata, dengan memanfaatkan potensi dan produk lokal, serta membangun masyarakat desa sadar wisata melalui Sapta Pesona," kata Arif.

Saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!