Berita Yogyakarta Hari Ini: Yogyakarta Menggelar Berbagai Lomba Memperingati Hari Anak Nasional
Tema Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2021 (ANTARA)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Peringatan Hari Anak Nasional di Kota Yogyakarta akan dimeriahkan dengan berbagai lomba khusus anak berusia di bawah 18 tahun, mulai dari lomba mewarnai, menggambar hingga lomba presentasi dengan berbagai tema yang digelar secara virtual.

“Meskipun digelar di masa pandemi, kami berharap rangkaian kegiatan peringatan Hari Anak Nasional ini bisa menjadi wadah supaya anak-anak tetap kreatif meski mereka lebih banyak menjalankan aktivitas dari rumah,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Yogyakarta Edy Muhammad di Yogyakarta, Kamis.

Menggelar Berbagai Lomba Memperingati Hari Anak Nasional

Tema utama dari rangkaian peringatan Hari Anak Nasional (HAN) di Kota Yogyakarta adalah “Anak Peduli di Masa Pendemi”.

Ketiga jenis lomba yang disiapkan tersebut sudah didesain untuk diikuti kelompok umur yang berbeda-beda. Lomba mewarnai dapat diikuti anak usia 3-7 tahun.

Gambar dapat diunduh melalui laman https://bit.ly/MewarnaiHKJ, kemudian dicetak di kertas berukuran A4.

Sedangkan untuk lomba menggambar dapat diikuti anak berusia 8-12 tahun. Tema utamanya adalah aktivitas keluarga yang di gambar pada kertas A3. Hasil karya untuk lomba mewarnai dan menggambar dapat dikumpulkan pada 14 Agustus 2021 di kompleks Balai Kota Yogyakarta.

Sedangkan untuk lomba presentasi untuk anak berusia 13-15 tahun. Setiap peserta dapat membuat materi presentasi bertema impian dan harapan untuk Kota Yogyakarta dari berbagai sudut pandang, di antaranya stop kekerasan seksual, stop pernikahan anak, stop narkoba, stop bullying dan stop perdagangan anak.

“Peserta adalah anak warga Kota Yogyakarta yang dibuktikan dengan Kartu Identitas Anak (KIA),” katanya yang dikutip VOI dari ANTARA.

Ia mengatakan pihaknya sudah menyiapkan hadiah berupa uang pembinaan, piala dan sertifikat untuk pemenang. Puncak acara peringatan Hari Anak Nasional di Kota Yogyakarta digelar pada 19 Agustus 2021 secara virtual dari dua lokasi, yaitu dari kompleks Balai Kota Yogyakarta dan Taman Pintar.

Dalam kegiatan tersebut akan dilakukan pengukuhan Duta Anak dan pembacaan Suara Anak serta penyerahan berbagai penghargaan, apalagi Kota Yogyakarta baru saja menerima penghargaan sebagai Kota Layak Anak kategori Utama.