Childish Gambino Dituntut, This is America Diduga Langgar Hak Cipta
Childish Gambino (tangkapan layar video musik YouTube)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Penyanyi Donald Glover yang dikenal dengan nama panggung Childish Gambino digugat rapper asal Florida, Kidd Wes pada Kamis, 6 Mei.

Melansir TMZ pada hari ini, Jumat, Kidd Wes mengklaim kalau lagu Childish Gambino, This Is America meniru lagu miliknya, Made in America. Gugatan itu disampaikan ke pengadilan New York pada 6 Mei.

Dalam laporannya, Kidd Wes juga melaporkan Young Thug - penulis This Is America, produser Ludwig Goransson, Kobalt Music, RCA Records, Sony Music, Atlantic Records, Warner Music Group, Roc Nation, Universal Music Publishing, dan Warner Chappell.

Childish Gambino Dituntut

Kidd Wes menyatakan ada kesamaan antara dua lagu tersebut. Tidak hanya secara ritme, namun juga bagian chorus dan hook yang menjadi kuncian lagu. Dia menginginkan kredit dan kompensasi untuk penggunaan musiknya.

Kidd Wes mengunggah Made in America ke Soundcloud pada 11 September 2016. Dua tahun kemudian, Childish Gambino merilis This Is America beserta video musiknya.

Berkat This Is America, Childish Gambino memenangkan empat penghargaan Grammy.

Childish Gambino sendiri belum merespons gugatan yang dilayangkan Kidd Wes.

Artikel Ini Sudah Tayang di VOI dengan Judul: This is America Diduga Langgar Hak Cipta, Donald Glover 'Childish Gambino' Dituntut, saatnya merevokusi pemberitaan!